Thursday, October 13, 2011

Tugas Pemodelan Simulasi (Simulasi dengan Black Jack)

Pada pertemuan Pemodelan dan Simulasi kali ini diberikan materi tentang Simulasi dengan Distribusi Uniform. Beberapa contoh tentang distribusi uniform ini adalah simulasi dengan dua dadu, simulasi permainan dengan kartu black jack, simulasi random walk, dan simulasi bisnis.
Berikut akan diberikan contoh simulasi permainan black jack, nih power point dari dosen Pak Jusak yang mesti diselesaikan ^_^ :.















Berikut adalah peraturan permainan black jack yang akan disimulasikan :
1. Pemain terdiri atas 2 orang.
2. Awal mulanya setiap pemain mendapatkan 1 kartu terbuka.
3. Selanjutnya setiap pemian diperbolehkan mengambil 1 kartu lagi (nilai sekarang adalah penjumlahan antara nilai sebelumnya dan nilai dari kartu terbaru), demikian seterusnya sampai nilai yang didapatkan oleh setiap pemain mendekati angka 21 atau mencapai 21 (black jack).
4. Pemenang adalah pemain yang mendapatkan black jack pertama kali atau pemain yang mendapatkan nilai paling mendekati 21.
5. Pemain gugur apabila nilai yang didapatkan lebih besar dari 21 (busted).
6. Simulasi ini dilakukan sampai 15x permainan.
7. Pemain A mendapat kesempatan mengambil kartu terlebih dahulu.
8. Jika pemain A telah mendapat black jack maka pemain B tidak mendapatkan kesempatan mengambil kartu.
9. Jika pemain A dinyatakan gugur (busted), maka pemain B tidak berkesempatan mengambil kartu dan dinyatakan bahwa pemain B yang menang
10. Setelah 1 permainan selesai, maka posisi kartu kembali ke posisi semula yaitu sebanyak 52 kartu.
11. Kartu As bernilai 11, sedangkan kartu 2-10 bernilai sesuai angka tersebut. Kartu Jack, Queen, dan King bernilai 10.

Berikut adalah daftar nilai dari masing-masing kartu black jack :


























Dan berikut adalah penyelesaian dengan menggunakan Excell hasil simulasi 2 orang (Pemain A dan B) yang bermain kartu black jack dalam 15x permainan


























Oh ya, salah satu contoh rumus dalam menyelesaikan seperti pada tabel adalah :
Keterangan tabelnya :

Rep : adalah jumlah putaran permainan black jack, Sedangkan untuk kolom acak 1 dihasilkan dengan rumus pembangkitan bilangan acak pada Excell yaitu fungsi Rand(). Untuk kolom kartu dihasilkan dengan rumus : =1+INT(52*C18). angka 52 adalah jumlah kartu yang ada di bandar, dan akan berkurang satu persatu setelah para pemain mengambilnya. Untuk macam kartu saya ambil dengan rumus : S = 10((C(I)) – INT(C(I))). Bila S = 1 maka Clapper, S = 2 maka Diamond, S = 3 maka Heart, S = 4 maka Spade. Tapi untuk implementasi di Excell kita juga dapat dipermudah dengan rumus vlookup seperti ini : =VLOOKUP(D18,$N$19:$P$70,3). Oh ya ini keterangan dari rumus vlookup : vlookup(kolom kunci, range nilai yang akan diambil, trus jumlah kolom nilainya). Kolom nilai diisi sesuai dengan nilai masing-masing kartu sesuai dengan tabel nilai yang telah ada.
Simulasi ini sangat berguna untuk membantu dalam menganalisa respon dari sebuah sistem atau alur yang mungkin memiliki jumlah input yang sangat bervariasi.

Best quote :
"Banyak-banyaklah membaca maka kita akan tahu banyak hal dan banyak-banyaklah mencoba maka kita akan bisa"

Nama : Yurike Magdhalena
NIM : 09410100013
Jurusan : S1 Sistem Informasi
MK : Pemodelan dan Simulasi
Dosen : Dr. Jusak

NB : jangan lupa klik zoom saat melihat gambarnya biar tampak jelas (^o^)

No comments:

Post a Comment